admin September 3, 2020
Macam-Macam Kuliner Tepi Gunung Yang Nikmat Khas Jawa

Berita Terbaru Makanan Dan Minuman Sebagai pulau yang disinggahi banyak gunung, maka banyak pula daerah di Pulau Jawa yang lokasinya berada di kaki gunung. Mempunyai hawa yang sejuk, beberapa daerah di kaki gunung ini juga memiliki kuliner khas yang lezatnya memikat hati. Di mana serta kuliner kaki gunung apa saja yang dimaksud? Yuk, intip!

 

Macam-Macam Kuliner Tepi Gunung Yang Nikmat Khas Jawa

 

 

1. Tepo tahu
Selain kuliner yang terbuat dari hewan imut, yaitu satai kelinci, Magetan yang lokasinya di kaki gunung Lawu ini juga punya kuliner kaki gunung berbahan dasar lontong. Tepo tahu, namanya.

Kuliner kaki gunung ini mencampurkan potongan lontong dengan bermacam sayur seperti kubis, kangkung, bayam, dan taoge. Tahu dan tempe goreng, menjadi lauk utama tepo tahu.

Menariknya, tepo tahu punya dua bumbu lho! Dapat diguyur dengan bumbu kacang atau bumbu sayur sambal. Jadi, kamu punya dua pilihan yang dapat disesuaikan dengan selera deh!

2. Doclang
Tak dapat dipungkiri, Bogor adalahh daerah yang menjadi destinasi favorit penduduk ibu kota. Letaknya berada di kaki gunung Salak dan pegunungan Gede-Pangrango.

Soto mi dan asinan bogor memang enak. Tapi, jangan lupakan keberadaan doclang ketika kulineran di Kota Hujan! Doclang berisi irisan lontong atau ketupat yang dilengkapi dengan tahu goreng, taoge, kentang dan telur rebus.

Sebelum disajikan, doclang diguyur bumbu kacang dan ditutup dengan renyahnya kerupuk yang meningkatkan selera makan.

3. Ayam kalasan
Sleman adalah daerah di Yogyakarta yang letaknya di kaki gunung Merapi. Kuliner kaki gunung yang memikat lidah dan cukup populer hingga berbagai daerah di Indonesia, ada ayam goreng kalasan.

Yang membedakan olahan ayam ini dengan lainnya yaitu bumbu yang digunakan. Keberadaan air kelapa dan gula merah, membuat ayam kalasan mempunyai rasa yang berciri khas.

4. Gulai melung
Gulai melung merupakan gulai yang berbahan dasar kambing. Gak cuma daging, gulai melung diisi pula oleh tulang kambing dan beberapa bagian pada kaki maupun kepala kambing yang menjadi ciri khas dari gulai ini.

Gulai melung berasal dari Purbalingga, daerah di Jawa Tengah yang lokasinya berada di kaki gunung Slamet.

5. Nasi lengko
Majalengka berada di kaki gunung Ciremai, Jawa Barat. Kuliner kaki gunung yang dapat kamu nikmati selain surabi oncom, juga ada nasi lengko.

Nikmat banget disantap pada siang hari. Nasi lengko memiliki pelengkap berupa tempe, tahu, taoge, timun, dan telur yang kemudian diguyur dengan bumbu kacang serta kucuran kecap manis.

Beberapa kuliner kaki gunung yang telah disebutkan tadi dapat dijadikan inspirasi masakan di rumah. Terlebih buat kamu yang sudah rindu mendaki ke gunung namun belum bisa melakukannya karena terhalang pandemi. Mana yang menjadi favoritmu ?

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*