admin August 25, 2020
Makanan-Makanan Lezat Berkuah Terbaik Untuk Santapan Sore

Berita Terbaru Makanan Dan Minuman Sore hari adalah waktu terbaik untuk istirahat setelah seharian beraktivitas. Ada yang ganjil jika kamu hanya berdiam diri saja sembari bermain gawai atau menyaksikan acara televisi, tanpa ditemani makanan. Sebab itu, berikut ini ada tujuh rekomendasi makanan ringan berkuah khas dalam negeri yang nikmat banget disantap pada sore hari. Memanjakan lidah banget!

 

Makanan-Makanan Lezat Berkuah Terbaik Untuk Santapan Sore

 

 

1. Tekwan
Bola-bola tekwan yang kenyal, irisan bengkuang, lembutnya soun serta keberadaan jamur kuping, mantap banget ketika dikunyah bersama dengan kuah tekwan yang terbuat dari kaldu udang. Makanan berkuah asal Sumatera Selatan ini makin menggugah selera makan karena aroma ebi yang bergoyang-goyang di sekitar hidung menyapamu untuk segera disantap.

2. Miso
Makanan ini bukanlah sup miso khas Jepang yang terbuat dari fermentasi kedelai itu, ya. Berisi dua macam mi, yaitu mi kuning dan bihun. Sup sederhana asal Riau, ini tak kalah enak dengan makanan berkuah khas Nusantara lainnya!Punya ciri khas layaknya soto padang yang diberi taburan kerupuk merah. Miso juga mempunyai pelengkap terdiri dari tahu, taoge, suwiran daging ayam atau ati ampela. Sup ini menjadi spesial karena perpaduan rasa gurih yang didapat dari kaldu daging bertemu dengan rempah-rempah.

3. Hintalu karuang
Diartikan ke dalam bahasa Indonesia, hintalu karuang berarti telur burung karuang. Jangan salah paham dulu karena sesungguhnya makanan asal Kalimantan Selatan yang berkuah manis-gurih ini tidak mengandung unsur dari burung tersebut.Berbahan dasar tepung beras yang dibentuk bulat-bulat kecil, ciri khas dari hintalu karuang. Kuah dari hintalu karuang sendiri perpaduan dari santan dan gula merah yang tekstur kentalnya ambyar sekali di lidah. Perpaduan sempurna untuk dijadikan santapan sore hari!

4. Rujak kuah pindang
Sore-sore memang asyik buat nge-rujak! Terlebih jika racikan rujak yang dipilih dibikin ala-ala Pulau Dewata, Bali yaitu rujak kuah pindang. Makanan ini sendiri memiliki beragam rasa mulai dari manis, asam, pedas dan gurih yang bikin lidah tertantang.Komposisi bahan pembuatan rujak ini terdiri dari buah seperti mangga muda, kedondong, pepaya, atau bengkuang. Tak lupa, bahan yang membedakan dengan umumnya rujak yaitu daging ikan.

5. Sup galantin
Sup yang cukup populer di acara pernikahan, khususnya wilayah Jawa Tengah ini seperti sup ayam yang berkuah bening dari kaldu. Selain irisan sayuran, sup ini identik dengan keberadaan galantin.Galantin tak lain adalah daging sapi giling berbumbu yang dikukus. Saat penyajian, galantin diiris tipis-tipis.

6. Mi kangkung

Sekilas, mi kangkung khas Betawi ini mirip dengan mi ayam. Kangkung rebus, daging ayam atau sapi bumbu kecap, taoge, serta mi kuning menjadi bahan dasar pembuatan mi kangkung.Nampak sederhana tapi semangkuk mi kangkung bikin perut kenyang di sore hari. Disantap selagi hangat sembari santai, bikin mood kamu makin meningkat setelahnya!

7. Bakso malang
Duduk di serambi rumah sembari menikmati hangatnya semangkuk bakso malang bikin jiwa semakin bahagia meski sederhana. Apalagi jika menambahkan bakso dengan saus sambal yang pedasnya menantang lidah. Dijamin, kepengin makan lagi!

Pangsit goreng, pangsit kukus, siomay, dan tahu putih adalah ciri khas dari bakso malang yang membuatnya berbeda dengan bakso Nusantara lainnya.

Demikianlah beberapa rekomendasi makanan ringan berkuah di atas, yang mana menurutmu memanjakan lidah pada sore hari?

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*