admin August 3, 2020
Jenis-Jenis Pancake Khas Korea Yang Gampang Dibuat

Berita Terbaru Makanan Dan Minuman Biasanya dalam film drama Korea, ada satu makanan yang sangat umum, di mana makanan ini biasa disajikan di rumah orang-orang Korea. Di Indonesia, makanan ini bentuknya mirip seperti bakwan, namun ‘bakwan’ Korea ini terlihat lebih tipis dari bakwan Indonesia.

Bakwan tersebut bukanlah sembarang bakwan, karena hidangan tersebut adalah pancake khas Korea yang biasa dibuat dengan segala macam bahan, mulai dari kimchi, daun bawang, hingga kentang.

Lantas, jenis pancake apa saja yang biasa disajikan orang Korea sebagai makanan rumahan mereka? Berikut ulasannya yang dirangkum Hostcoremedia dari berbagai sumber :

 

 

Jenis-Jenis Pancake Khas Korea Yang Gampang Dibuat

 

 

1. Kimchijeon (Kimchi Pancake)
Dari namanya saja, mungkin kalian bisa dengan mudah menebak, bahan dasar apa yang digunakan dalam hidangan ini.

Kimchijeon merupakan pancake gurih khas Korea yang dibuat dengan kimchi, di mana kimchi ini juga yang menciptakan warna merah pada pancake.

Kimchijeon yang biasa juga disebut sebagai kimchi buchimgae ini sangat cocok dijadikan camilan karena teksturnya yang renyah.

2. Gamjajeon (Potato Pancake)
Gamjajeon atau gamja jeon adalah salah satu jenis pancake khas Korea yang memiliki rasa gurih dan terbuat dari kentang. Pancake kentang ini dibuat dengan grated atau ground potatoes yang dicampurkan dengan beberapa sayuran sebagai bahan tambahannya.

Sayuran yang umumnya ditambahkan dalam pancake kentang yang renyah dan kenyal ini adalah bawang putih, daun bawang, cabai atau zukini. Pancake kentang ini sangat cocok disajikan sebagai camilan atau hidangan pembuka, lho.

3. Hobak Buchim (Zucchini Pancake)
Pancake yang satu ini terbilang cukup unik karena terbuat dari labu musim panas atau yang biasa disebut zucchini. Pancake ini memiliki cita rasa gurih yang biasa disebut hobak buchim atau buchimgae.

Ada beberapa bahan tambahan untuk memperkaya rasa pada pancake ini, seperti bawang bombai dan cabai hijau. Bagi orang Korea, hidangan ini sangat cocok disantap saat musim panas.

4. Hotteok (Sweet Korean Pancake)
Pancake khas Korea yang satu ini sudah menjadi street food populer yang banyak diketahui publik, termasuk orang dari luar Korea. Di Korea sendiri, hotteok biasa dijual dengan gerobak atau kios musim dingin dengan harga yang sangat terjangkau.

Hotteok klasik dibuat dengan adonan ragi sederhana dan gula merah serta isian kacang yang digoreng dengan sedikit minyak.

Pada dasarnya hotteok memiliki rasa manis karena campuran gula merah. Saat ini, isian hotteok sudah mulai beragam, seperti hotteok dengan isian keju, kacang merah, japchae, sayuran, dan lainnya.

5. Nokdujeon (Mung Bean Pancake)
Nokdujeon atau yang biasa disebut sebagai bindaetteok atau nokdu bindaetteok juga termasuk ke dalam jenis pancake Korea yang memiliki cita rasa gurih. Pancake ini dibuat dari adonan kacang hijau atau ground nokdu.

Pancake ini akan memiliki warna coklat keemasan ketika sudah matang. Nokdujeon memiliki rasa renyah di luar dan terasa lembut di dalam. Hidangan ini menjadi makanan klasik Korea dan juga populer sebagai street food, lho.

Pancake kacang hijau ini juga biasa dihidangkan saat perayaan Seollal atau tahun baru Korea bersama dengan tteokguk atau sup kue beras.

6. Haemul Pajeon (Seafood Scallion Pancake)
Haemul pajeon juga masuk ke dalam pancake gurih khas Korea, nih. Pancake ini dibuat dengan daun bawang dan berbagai macam seafood.

Seafood yang biasa dicampurkan dalam haemul pajeon terdiri dari udang, cumi-cumi, tiram, oysters, dan clams. Kata “Pa” dalam pajeon berarti daun bawang, sedangkan “jeon” merujuk pada makanan yang sudah digoreng.

Di Korea, haemul pajeon sering dihidangkan bersama dengan makgeolli (Korean milky rice wine). Bagi orang Korea, hameul pajeon paling enak dinikmati saat keadaan di luar rumah sedang hujan.

Sama dengan kimchijeon, buchjeon, dan nokdujeon, hameul pajeon juga merupakan hidangan yang bisa dijadikan camilan atau makanan pembuka favorit di Korea.

Mana yang menjadi favoritmu ?

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*