admin July 27, 2020
Menu-Menu Recommended Saat Hari Raya Idul Adha

Berita Terbaru Makanan Dan Minuman Hari Raya Iduladha merupakan salah satu hari besar umat Islam yang identik dengan acara kurban. Di momen tersebut, mayoritas masyarakat di Indonesia akan ramai-ramai mengolah satu hidangan yang sangat akrab dengan hewan kurban, yakni kambing.

Namun meski demikian, tidak semua orang menyukai kambing dan sisanya tidak bisa mengonsumsi kambing karena alasan kesehatan. Akan tetapi, kamu masih tetap bisa melewati sesi makan bersama hari raya Iduladha bersama sanak keluarga tanpa melibatkan daging kambing dengan menyertakan delapan olahan berikut ini, antara lain :

 

Menu-Menu Recommended Saat Hari Raya Idul Adha

 

 

 

1. Soto
Rasanya yang sedap dan segar, membuat soto menjadi salah satu alternatif olahan yang diburu dalam beberapa acara besar, salah satunya adalah Iduladha. Selain enak disantap dengan berbagai teman pendamping, seperti nasi, ketupat, hingga lontong, soto juga terkenal dengan bahan utamanya yang rata-rata menggunakan daging dari ayam atau sapi.

Sehingga bagi kamu yang enggan mengonsumsi daging kambing namun masih ingin menikmati sesuatu yang berkuah, maka soto dapat menjadi jalan keluarnya.

2. Es kelapa muda
Mendapati beragam olahan berat tersedia di hari Iduladha akan membuat kita jadi terbayang sesuatu yang menyegarkan untuk dikonsumsi sebagai penetralisir dari hidangan-hidangan berat tersebut. Oleh sebabnya, kamu dapat menyajikan es kelapa muda untuk penetralisir tersebut.

Es kelapa muda sendiri terdiri dari campuran air kelapa yang disajikan bersama daging buahnya yang lembut dan segar. Apabila kamu merasa ada yang kosong dalam olahan tersebut, maka kamu dapat menambahkan beberapa isian seperti cincau, sirup, hingga potongan buah mangga agar rasanya makin nendang.

3. Bakso
Sajian yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi popularitasnya, hampir seluruh masyarakat Indonesia kenal dengan bulatan daging yang dimakan bersama mi dan sayur-mayur tersebut.

Bakso dianggap sebagai hidangan alternatif yang bisa ditemukan dalam hari-hari besar di tengah masyarakat umum. Tak cuma hari besar keagamaan, hari perayaan seperti pernikahan hingga khitanan pun menyediakan makanan dengan cita rasa gurih sedap ini.

Selain enak, bakso juga cocok dihidangkan jika seseorang sedang tidak ingin mengonsumsi daging kambing. Tak cuma bakso biasa, kini aneka ragam bakso dengan isian yang tak kalah menggugah selera pun hadir. Mulai dari bakso telur, bakso tetelan, hingga bakso lobster yang sedang naik daun.

4. Es cendol
Sajian yang sebaiknya tidak absen saat menyuguhkan makanan di momen Iduladha adalah keberadaan es cendol. Minuman yang satu ini bisa menyegarkan kembali tenggorokan yang sudah disusupi beragam olahan daging dan makanan berat sejenis.

Cendol sendiri dibuat dari tepung beras hingga tepung hun kwe, penyajiannya dicampurkan dengan santan, gula cair, hingga es serut yang semakin membuat es cendol terasa segar apalagi jika dikonsumsi di tengah panas terik.

5. Biryani
Biryani adalah olahan nasi yang terkenal dengan campuran rempah-rempah yang tak sedikit dan disajikan bersama daging yang telah dimasak dalam bumbu yang tak kalah berlimpah. Umumnya, biryani diolah dari beras basmati yang memiliki ukuran lebih panjang daripada beras yang biasa dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Makanan berat yang satu ini meski terbilang cukup akrab dengan kambing, namun kamu masih bisa menghidangkannya dengan daging-dagingan yang lain seperti ayam. Beras yang dipakai pun tidak harus selalu basmati, menggunakan beras biasa pun dapat dilakukan, sehingga cocok untuk kamu yang ingin makan sesuatu berbeda namun tetap penuh rempah dan kaya rasa.

6. Buah potong
Untuk menemani makan bersama saat Iduladha jangan lupa sediakan hidangan penutup yang sehat seperti buah potong sebagai salah satu upaya menetralisir ragam makanan berkolesterol yang sudah masuk ke tubuhmu, ya!

Satu hingga dua ragam buah saja sudah cukup untuk dijadikan sebagai sajian pelengkap agar kamu tidak merasa eneg saat selesai mengkonsumsi bermacam-macam olahan yang ada di meja makan.

Selain itu, pemilihan buah yang tepat dan cermat juga akan menghindari kita dari kemungkinan membuang-buang makanan karena tidak terjamah saat kumpul bersama.

7. Satai
Sesi makan bersama di momen Iduladha biasanya tidak berhenti di sore hari saja, malam pun biasanya masih ada waktu tambahan sekadar untuk menyantap sisa makanan sebelumnya atau membuat hidangan baru dari daging yang tersedia di rumah.

Nah, di situasi seperti ini, mengolah daging kambing menjadi satai masih menjadi primadona. Namun tidak bagi mereka yang kurang menyukai kambing, maka dari itu mengolah satai dari daging sapi atau ayam bisa menjadi solusi.

Bahkan jika sempat kamu bisa memanfaatkan keberadaan seafood sebagai pengganti daging untuk dibakar, sebut saja seperti udang, cumi, hingga ikan yang lebih beragam dan tidak kalah enak untuk disantap.

8. Es campur
Berkuah namun tetap segar, identitas tersebut memang cocok disematkan untuk menggambarkan es campur. Hidangan yang masuk dalam katagori minuman dingin dan terbuat dari beragam potongan buah yang dikombinasikan bersama es serut dan aneka sirup yang menggugah selera.

Dalam perayaan Iduladha, kamu bisa juga menyajikan es campur sebagai hidangan alternatif pencuci mulut. Selain memiliki tampilan yang eye catchy, es campur juga bisa sedikit melonggarkan lidahmu dari makanan-makanan berminyak.

Demikianlah beberapa olahan yang bisa disajikan selama menyambut hari raya Iduladha tanpa melibatkan kambing. Kalau kamu sudah berencana menyajikan yang mana?

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*