admin July 7, 2020
Tips Menggoreng Donat Agar Tidak Kebanjiran Minyak

Berita Terbaru Makanan Dan Minuman Apa kamu termasuk pecinta donat? Kue yang satu ini merupakan panganan manis yang kerap dijumpai dan terbilang cukup sederhana dalam proses pembuatannya. Untuk topping-nya, donut dapat dikreasikan dengan beragam bahan seperti cokelat, keju, gula, matcha, dan lainnya. Nah, ada kalanya sajian donat terasa terlampau berminyak sehingga kurang sedap saat disantap. Namun tenang, ada beberapa trik yang bisa kamu coba, antara lain :

 

Tips Menggoreng Donat Agar Tidak Kebanjiran Minyak

 

 

1. Gunakan jenis minyak padat agar donat lebih renyah, tak mudah melempem, dan tak rentan menyerap banyak minyak
Umumnya, minyak padat dijual dalam bentuk beku. Oleh sebab itu, minyak jenis ini harus dilelehkan (dipanaskan) terlebih dahulu. Usut punya usut, menggoreng donut menggunakan minyak padat tak hanya membuat tekstur donat menjadi lebih renyah, namun juga membuatnya tak rentan menyerap minyak berlebihan dan tak mudah melempem saat sudah dingin.

2. Gunakan minyak dalam jumlah banyak (seluruh permukaan donat dapat terendam) agar donat dapat matang secara merata
Tujuan menggunakan minyak dalam jumlah yang banyak tersebut agar seluruh permukaan donat dapat terendam dalam minyak. Alhasil, donat pun dapat matang secara merata tanpa harus membolak-balik donat, ataupun menyiramkan minyak pada bagian donat yang tak terendam minyak saat proses penggorengan berlangsung.

3. Takar jumlah donat yang akan dimasukkan ke dalam penggorengan, sesuaikan dengan banyak minyak
Takar banyaknya donat yang akan dimasukkan ke dalam penggorengan dengan cara menyesuaikannya dengan banyak minyak yang digunakan. Pasalnya, jumlah donat yang terlalu menumpuk malah mengakibatkan kematangan donat tak merata bahkan cenderung matang lebih lama. Akibatnya, minyak malah semakin terserap ke dalam donat yang digoreng lama tersebut.

4. Gunakan api sedang, dan pastikan menggoreng donut ketika minyak memang sudah panas
Masukkanlah donat ke dalam penggorengan apabila minyak memang benar sudah panas. Sebab, donut yang digoreng dalam minyak yang belum panas justru akan membuat miyak tersebut mudah terserap ke dalam donat. Selain itu, pakailah api sedang supaya donat dapat matang secara merata dengan durasi waktu yang pas.

5. Hindari membolak-balik donat terlalu sering agar tak malah rentan menyerap minyak
Balikkan donat apabila tampilannya sudah tampak matang (untuk memeriksa apakah sisi lainnya juga sudah matang). Disarankan untuk tak terlampau sering membolak-balik donat saat sedang digoreng. Pasalnya, hal tersebut malah akan membuat donat lebih rentan menyerap minyak. Imbas lainnya, adonan donat justru menjadi lebih sulit mengembang.

6. Angkat dan tiriskan donat, tempatkan pada wadah yang sudah dialas dengan tisu
Apabila donat sudah matang, seperti tampilannya tampak kecokelatan, maka angkat dan tiriskan donat tersebut sebelum disajikan. Beri alas berupa tisu pada wadah agar kelebihan minyak pada donat dapat terserap oleh tisu tersebut. Alhasil, donut pun tak lagi terasa terlalu berminyak saat disantap kelak.

Demikianlah beberapa trik yang dapat kamu coba supaya donat buatanmu tak lagi berminyak banyak!
Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*