admin July 6, 2020
Tips Tepat Membuat Tteokbokki Yang Empuk

Berita Terbaru Makanan Dan Minuman Bagi penggemar budaya Korea Selatan, pastinya sudah tak asing dengan camilan yang satu ini. Tteok biasanya diolah menjadi Tteokbokki yang kerap disantap sebagai camilan kaki lima maupun dibuat sendiri di rumah.

Bahan utama dalam pembuatan tteok adalah tepung beras. Oleh sebab itu, jika tak diproses dengan tepat, tteok malah akan terasa seperti “tepung” dan bertekstur keras. Nah, inilah tips untuk mengakalinya, antara lain :

 

Tips Tepat Membuat Tteokbokki Yang Empuk

 

 

1. Siapkan bahan-bahan, sangrai tepung beras dan tepung kanji hingga bertekstur halus
Siapkan bahan-bahan seperti tepung beras, tepung kanji, garam, dan air panas. Kemudian, sangrai tepung beras dan tepung kanji secara bergantian. Lakukan hingga teksturnya menjadi halus. Pasalnya, hal tersebut dapat menekan bau dan cita rasa tepung pada olahan tteok kelak.

2. Campurkan semua adonan ke dalam wadah, aduk merata, tuang air panas, dan uleni hingga kalis
Masukkan tepung beras dan tepung kanji ke dalam wadah, tambahkan garam secukupnya, dan aduk merata. Selanjutnya, tuangkan air panas sedikit demi sedikit sembari mengaduk adonan tadi.Apabila adonan sudah tak terasa terlalu panas, maka uleni adonan tersebut hingga kalis agar tak rentan lengket sehingga lebih mudah dipulung nanti.

3. Bagi adonan menjadi beberapa bagian, lalu bentuk memanjang seperti kue beras pada umumnya
Apabila adonan sudah kalis, bagilah adonan tersebut menjadi beberapa bagian kecil. Ukuran dan ketebalannya dapat disesuaikan dengan selera. Setelah itu, bentuklah bagian adonan tersebut menjadi memanjang layaknya kue beras pada umumnya.

4. Didihkan air dalam panci, masukkan adonan, dan rebus hingga mengapung
Sembari membentuk adonan tadi, didihkanlah air dalam panci yang berukuran cukup besar (sanggup merendam adonan tadi). Gunakanlah api sedang. Apabila sudah mendidih, masukkan adonan dan rebus hingga mengapung.

5. Aduk adonan sesekali saat direbus, angkat jika sudah mengapung, dan masukkan ke dalam air dingin
Selama merebus adonan, aduk-aduklah sesekali. Tujuannya, supaya adonan tak saling menempel di dasar panci. Sembari merebus, siapkan wadah berisi air dingin. Angkat dan masukkan adonan yang sudah mengapung ke dalam rendaman air dingin tersebut. Biarkan selama 2 jam supaya tekstur adonan menjadi lebih kenyal.

6. Tiriskan adonan, tempatkan di wadah, olesi sedikit minyak wijen, dan potong kecil
Kemudian angkat dan tiriskan. Olesi sedikit minyak wijen pada tteok untuk menghindarinya saling menempel saat ditiriskan. Selanjutnya, potong-potong tteok menjadi beberapa bagian yang lebih kecil sesuai selera. Tteok pun siap diolah.

Demikianlah beberapa kiat yang dapat kamu praktikkan sendiri di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu ya !

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*