admin June 26, 2020
Negara-Negara Penghasil Keju Ternikmat Di Dunia

Berita Terbaru Makanan Dan Minuman Semua tahu jika bahan makanan yang satu ini banyak ditemukan di daerah dengan hamparan padang rumput atau pegunungan yang indah. Seperti yang kita tahu, keju merupakan salah satu hasil fermentasi susu yang dihasilkan oleh sapi terbaik. Rasanya yang creamy serta khas menjadikan olahan ini selalu memanjakan lidah. Terlebih makanan kaya protein ini merupakan kuliner hasil cerminan dari tempat vegetasi, iklim, dan juga tanah, maka sangat disarankan untuk kamu berkeliling dunia dan merasakan semua produksi keju dari berbagai negara.

Dikutip dari International Dairy Food, ternyata keju telah dibuat sejak 4.000 tahun silam. Hal ini tidak menutup kemungkinan kalau keju di berbagai negara dibuat dengan bahan serta proses fermentasi yang berbeda.
Kali ini Hostcoremedia rangkum beberapa negara yang wajib dikunjungi karena terkenal dengan olahan kejunya yang lezat. Bersiaplah akan rencana plesiran sekaligus menikmati wisata kuliner keju di negara ini, ya!

 

Negara-Negara Penghasil Keju Ternikmat Di Dunia

 

 

1.Prancis
Selain terkenal dengan wisata sejarahnya, Prancis termasuk produsen keju terbesar di seluruh dunia. Rata-rata penduduk negara ini rutin mengonsumsi keju sebanyak 25 kilogram setiap tahunnya.
Jenis keju yang ditawarkan pun beragam, mulai dari Camembert, Ossaux-iraty, Franche-comte, hingga Blue d’Auvergne yang tercipta sejak abad ke-19. Hal tersebut mendorong perkembangan keju di Prancis kini memiliki label AOC atau sertifikasi jaminan produk tersendiri.
Selain itu, mereka juga menjadi negara produsen keju untuk Amerika dan Australia, lho. Tak heran tempat ini menjadi destinasi tepat dan wajib bagi pencinta keju.

2.Belanda
Kalau Negara Kincir Angin yang satu ini merupakan salah satu konsumen terbesar susu sapi di dunia. Tentunya kondisi ini mendorong mereka untuk terus berupaya menyempurnakan produk keju dari waktu ke waktu. Selain terkenal dengan produk Gouda, keju di Belanda ternyata memiliki keunikan tersendiri, lho.
Masyarakat Belanda bahkan sudah terkenal dalam membuat keju legendaris Gouda sejak tahun 1184. Ketika menjadikan Belanda sebagai destinasi, tentu pengunjung bisa mencicipi aneka keju dari tipe, merek, usia, dan juga daerah penghasil yang berbeda. Ditambah lagi dengan tradisi negosiasi harga keju yang bisa dirasakan sebagai atmosfer berbeda ketika mendatangi Belanda. Pengunjung harus menepuk tangan sambil meneriakkan jumlah uang yang dipunyai untuk bisa membawa pulang keju impiannya. Ditambah lagi kebiasaan warga Belanda yang terkenal baik karena rela menunjukkan proses pembuatan keju setiap harinya. Bisa menjadi pengalaman wisata keju yang mengesankan, deh!

3.Norwegia
Nah, Norwegia menjadi negara yang sangat layak dikunjungi untuk para pencinta keju karena banyak varian makanannya. Siapa pun yang pernah menjajal sarapan prasmanan di Norwegia, tentu pernah menemukan irisan Keju Gjetost berwarna cokelat di atas nampan. Keju unik itu adalah salah satu makanan yang paling ikonik dari negara ini. Proses pembuatannya pun tak main-main, dengan rebusan whey, Gjetost dimasak hingga laiknya karamel dan menimbulkan rasa gurih dengan tekstur renyah. Biasanya Keju jenis Gjetost dijadikan tambahan untuk makan sandwich dan biskuit. Tak hanya itu, ternyata keju biru bernama Kraftkar juga berasal dari Norwegia. Keju ini banyak diproduksi dan berhasil menjadi salah satu keju terbaik di dunia yang diberikan saat perayaan World Cheese Awards.

4.Kroasia
Paški Sir menjadi salah satu Pulau Keju Pag dengan sebutan surganya keju. Daerah di Kroasia ini memiliki ciri khas medan yang berbatu dan udara asin di pulau ini, membuat kondisi yang sempurna untuk pembuatan keju tunggal.
Kualitas keju yang manis dan asin membuat rasanya mirip dengan butterscotch. Domba yang menjadi penghasil susu dibiarkan di alam bebas dan mencari makanan dari tumbuhan liar. Pada kondisi inilah nantinya akan menciptakan kualitas fermentasi susu yang aromatik dan asin. Ditambah lagi suhu udara stabil serta kering sangat ideal untuk proses penuaan produksi keju.

5.Portugal
Konon, Portugal menjadi semakin indah ketika dikunjungi kala musim semi. Saat itu, bunga sedang bermekaran termasuk salah satu bunga yang dijadikan sebagai bahan pembuatan keju di Portugal.
Meskipun keju di Portugal banyak datang dalam segala bentuk, ukuran dan varietas susu, beberapa di antaranya justru terbuat dari bunga Thistle Cardoon. Kandungan enzim dari bunga berwarna ungu ini memberi rasa asam namun mengandung ekstrak nabati yang khas pada keju. Adapun jenis keju yang biasa menggunakan campuran tersebut adalah Queijo de Azeitão. Ada pula keju jenis Serra de Estrela yang menggunakan cara pembuatan turun temurun yang sama selama 800 tahun. Keju ini memiliki citarasa citrus atau mirip lemon, dan juga sedikit asam.
Dengan pegunungan yang dimiliki negara ini, pengunjung tidak akan mati gaya saat mencicipi rasa dan varian keju khas negara ini.

Tertarik berkunjung kesana?

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*