admin June 10, 2020
Macam-Macam Makanan Berbahan Hewani Khas Sulawesi Yang Wajib Dicoba

Berita Terbaru Makanan Dan Minuman Apa kamu termasuk pemburu kuliner-kuliner nusantara ? Salah satu kuliner nusantara nikmat yaitu berada di pulau Sulewasi. Contohnya sup konro adalah kuliner hewani khas Makassar, Sulawesi Selatan yang terbuat dari iga sapi dan cukup populer seantero Nusantara.

Selain sup konro yang lezatnya nampol di lidah, beberapa kuliner hewani khas Sulawesi berikut ini nikmatnya tak tertandingi. Antara lain :

 

 

 

Macam-Macam Makanan Berbahan Hewani Khas Sulawesi Yang Wajib Dicoba

 

 

1. Ilabulo
Ilabulo bisa dibilang pepes khas Gorontalo. Sama-sama dibungkus daun pisang dan dimasak dengan cara dikukus, ilabulo terbuat dari sagu yang diolah bersama jeroan, daging ayam, dan bumbu.

Tidak sebatas dikukus, ilabulo bisa disajikan pula dengan dibakar usai dikukus. Apapun pilihan penyajiannya, keduanya tetap mantap untuk disantap!

 

2. Woku belanga
Kuliner hewani yang cukup populer di Manado ini dapat menggunakan ikan atau ayam sebagai bahan utamanya disesuaikan dengan selera.

Woku belanga dimasak dengan beragam bumbu rempah, dan tambahan daun kemangi supaya memiliki aroma sedap. Bagi kamu yang doyan makan pedas, wajib banget coba woku belanga dengan sepiring nasi putih hangat. Dijamin, bikin kamu kepengin nambah lagi!

 

3. Uta dada
Sama halnya woku belanga, uta dada dapat dibuat dengan menggunakan daging ayam atau ikan. Biasa disantap dengan burasa, uta dada merupakan kuliner hewani nan lezat yang berasal dari Palu.

Sekilas mirip opor, daging ayam atau ikan yang dipilih untuk membuat uta dada dipanggang terlebih dahulu baru kemudian dimasak bersama santan dan bumbu rempah.

 

4. Sate pokea
Sate pokea berasal dari Kendari. Berbeda dari sate lainnya, sate pokea berbahan utama kerang yang sebelumnya telah direbus hingga matang dan empuk.

Untuk bumbu pelengkap, sate pokea biasa disajikan dengan saus kacang atau dibacem hingga bumbunya meresap ke permukaan kerang.

 

5. Ikan parende
Ikan parende merupakan kuliner khas Buton. Berkuah gurih dan sedikit asam, ikan parende biasa dibuat dengan menggunakan ikan kakap.

Dilengkapi dengan wanginya daun serai dan daun kemangi, bumbu dari ikan parende sendiri terdiri dari bawang merah, bawang putih, kunyit, garam, dan cabai.

 

6. Pantollo lendong
Jika di Pulau Jawa, belut berakhir menjadi sambal belut atau keripik belut. Di Tanah Toraja, belut menjadi sajian yang nikmat banget disantap saat cuaca dingin karena kuliner hewani ini punya sedikit kuah.

Pantollo lendong sendiri memiliki penampakan serupa dengan rawon karena menggunakan kluwak yang diracik bersama rempah lainnya.

Selain dengan belut, pantollo dapat dibuat juga dengan menggunakan bahan lain seperti daging kerbau, babi, atau ikan.

 

7. Coto kuda
Coto kuda serupa dengan coto makassar. Hanya saja, kuliner khas Janeponto ini menggunakan potongan daging kuda sebagai bahan utamanya.

Dapat dinikmati dengan nasi putih atau burasa, coto kuda makin nikmat ketika masih hangat dengan tambahan sambal.

Demikianlah beberapa kuliner hewani khas Sulawesi yang nikmatnya tak lekang oleh waktu. Jika kamu sampai ke salah satu kota dengan kuliner khas yang telah disebutkan tadi, jangan lupa mencicipinya ya!

Semoga artikel ini menambah list makanan favoritmu ya !

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*