admin June 2, 2020
Macam-Macam Oleh-oleh Minuman Khas Indonesia Yang Recommended

Berita Terbaru Kuliner Tidak hanya makanan khas, kerajinan tangan, atau tekstil saja. Nyatanya Indonesia mempunyai oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang, yaitu minuman. Dan itu bukan minuman biasa! Oleh-oleh berupa minuman dari beberapa daerah di Nusantara berikut ini memiliki manfaat baik bagi tubuh. Mau tahu, oleh-oleh apa saja yang dimaksud? Berikut ulasannya :

 

 

Macam-Macam Oleh-oleh Minuman Khas Indonesia Yang Recommended

 

 

1. Sirop kalamansi
Usai penasaran dengan keberadaan Rumah Pengasingan Bung Karno atau wisata lainnya di Bengkulu. Jangan lupa bawa pulang sirop kalamansi! Sirop kalamansi terbuat dari jeruk kalamansi yang segarnya lepas dahaga.Tak seperti kebanyakan sirop komersil yang menawarkan rasa manis saja. Sirop kalamansi memiliki banyak manfaat bagi tubuh di antaranya: menurunkan berat badan, detox, mengontrol tingkat kolestrol, hingga meningkatkan daya tahan tubuh.

 

2. Sirop sengkit
Menangkal radikal bebas hingga mendukung sistem imun tubuh manfaat yang akan kamu dapat jika mengonsumsi sirop sengkit khas Pontianak. Karena, sirop tersebut terbuat dari jeruk Pontianak dan buah plum yang diawetkan.Yang mana, dua buah tersebut kaya akan vitamin serta mengandung antioksidan. Maka dari itu, jalan-jalan ke Pontianak jangan hanya bawa kue bingka berendam saja ya.

 

3. Bir pletok
Meski namanya terdapat sisipan kata bir, minuman khas Betawi ini halal untuk dikonsumsi. Kamu dapat menemukan bir pletok di pusat oleh-oleh di ibu kota Jakarta. Baik dalam bentuk racikan rempah atau kemasan botol.Nikmat disajikan dalam keadaan hangat. Bir pletok terbuat dari jahe, kapulaga, gula batu, daun pandan, kayu secang, daun serai, serta bahan lainnya.Kamu yang sedang tidak enak badan, mual, kembung, flu, hingga kecapekan, jadikan bir pletok sebagai solusi karena rempahnya ampuh mengatasi berbagai masalah tubuh tersebut.

 

4. Jamu kebonagung
Oleh-oleh berupa minuman ini berasal dari Pasuruan, Jawa Timur. Bahan pembuatan jamu kebonagung terbuat dari rempah-rempah juga seperti daun serai, cengkih, lada, kapulaga, gula jawa, dan lainnya.Jamu kebonagung dapat meningkatkan stamina tubuh, meredakan batuk, hingga mengatasi perut kembung. Mantap banget nih dibawa pulang, dan diminum sebelum tidur.

 

5. Wedang uwuh
Bakpia, yangko, dan gudeg adalah oleh-oleh wajib yang gak boleh terlewatkan ketika pelesiran ke Yogyakarta. Ada lagi yang mesti masuk ke daftar belanjaanmu, yaitu wedang uwuh.Dalam bahasa Jawa, wedang uwuh memiliki arti minuman sampah. Tapi, jangan salah kaprah dengan arti nama ya! Karena minuman ini terbuat dari rempah-rempah, dan memiliki manfaat seperti menghangatkan tubuh, mengatasi flu dan batuk, masuk angin, dan lain sebagainnya.

 

6. Limun oriental
Ke Kota Batik, Pekalongan, mesti banget mencoba dan bawa pulang kesegaran minuman soda dengan kearifan lokal yaitu limun oriental.Minuman ini telah ada sejak lama dan cukup terkenal. Sayang, jika berlibur ke Pekalongan tidak membawa pulang limun oriental yang punya beragam rasa mulai dari kopi, jeruk, lemon, nanas, dan lainnya.Air berkarbonasi memiliki manfaat bagi tubuh di antaranya adalah melepaskan gas dalam perut dan menghancurkan karbohidrat supaya dapat dicerna.

 

7. Loloh cemcem
Mulai dari mengatasi sembelit, panas dalam, hingga mengembalikan stamina tubuh, beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan jika mengonsumsi loloh cemcem.Oleh-oleh berupa minuman ini berasal dari Bali. Minuman ini terbuat dari daun cemcem yang diolah dengan rempah lainnya. Bisa dibilang loloh cemcem ini adalah jamu. Meski begitu, jangan ragu untuk mencobanya karena memiliki manfaat baik bagi tubuh.

Tertarik untuk membelinya ?

Leave a comment.

Your email address will not be published. Required fields are marked*